Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data dan Facilitating Skills di Sekolah

 Jum'at, 10 Februari 2023

Tim KKN MBKM 204 melanjutkan pembekalan dihari ini dengan materi Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Facilitating Skills di Sekolah.

Disampaikan pada materi pertama bahwa terdapat empat indikator untuk terjadinya transformasi dalam satuan pendidikan diantaranya yaitu:
1. satuan pendidikan berpihak pada tumbuh kembang murid
2. satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data
3. satuan pendidikan harus menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif.
4. peningkatan hasil belajar murid, terutama kompetensi pondasi seperti literasi, numerasi dan karakter.
Maka inilah pentingnya PBD untuk evaluasi progam yang sudah dijalankan. Raport pendidikan bisa dibuka oleh sekolah melalui daring.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan teman-teman kampus mengajar untuk membantu sekolah bertransformasi melalui raport pendidikan dan perencanaan berbasis data?
Yang pertama yang bisa dilakukan yaitu, bersama kepala sekolah dan guru, mengidentifikasi kondisi sekolah melalui raport pendidikan. Yang kedua, mendorong refleksi dan diskusi tentang hasil capaian yang ada. Yang ketiga, memberikan dukungan pada satuan pendidikan untuk membenahi capaian.
Sesi ditutup dengan tanya jawab.
dilanjutkan dengan penyampaiaan materi kedua yaitu tentang Facilitating Skills di Sekolah. Dalam memulai pembelajaran hendaknya kesepakatan yang dibuat kelas. Lebih baik lagi jika ada siswa yang berani berbicara mengapa harus dibuat kesepakatan seperti itu. Sesi kedua ditutup dengan tanya jawab.

Komentar